You are currently viewing Pengabdian Kepada Masyarakat Pengembangan dan Pengelolaan Sektor Pariwisata di Desa Kalikidang

Pengabdian Kepada Masyarakat Pengembangan dan Pengelolaan Sektor Pariwisata di Desa Kalikidang

Jakarta (UNAS) – Minggu, 23 – 25 Januari 2023, Himpunan Mahasiswa Jurusan Pariwisata Universitas Nasional telah terselenggaranya kegiatan PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT pada bulan Januari dengan tema “Pengembangan dan Pengelolaan Sektor Pariwisata di Desa Kalikidang”. Kegiatan ini bertempat di Desa Kalikidang, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah.

 

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Wakil Rektor Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Bapak Gagih Pradini  S.Par., MM selaku Kaprodi Pariwisata, Ibu Anisa Putri Kusumaningrum SST.Par., MM, Ibu Rizki Nurul Nugraha SST., Par., MM., Par dan Ibu Liliana Dewi SS., MM., selaku Dosen Pendamping dari Prodi Pariwisata, Dosen Prodi Akuntansi dan Dosen Prodi Manajemen Universitas Nasional.

Kegiatan PKM di Desa Kalikidang berlangsung selama 3 hari yakni dari 23 – 25 Januari 2023 yang bertempat di Desa Kalikidang, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. Didalam kegiatan tersebut Bapak Dr. Bambang Subianto S.E., M.Ak., CPA selaku perwakilan dari Universitas Nasional turut memberi sambutan dalam pembukaan kegiatan PKM, diharapkan dengan adanya PKM yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan menghadirkan 3 (tiga) prodi diantaranya Manajemen, Akuntansi dan Pariwisata sebagai bentuk menciptakan perubahan bagi desa tersebut mengenai pengembangan UMKM, mewujudkan pembangunan BUMDES dan pengembangan potensi wisata di Desa Kalikidang.

Hari Minggu, 23 Januari 2023 setibanya kami di Desa Kalikidang pada sore hari, kami prodi Pariwisata melakukan survei menuju potensi wisata pertama yaitu Tambak Ulam Sari yang merupakan salah satu potensi wisata dan potensi usaha di Desa Kalikidang. Hal ini menurut Bapak Agus selaku perangkat Desa Kalikidang dapat dimanfaatkan sebagai potensi wisata yang dapat dimanfaatkan sebagai wisata edukasi bagi wisatawan dan tambak ikan ini juga merupakan salah satu faktor penghasilan bagi masyarakat Kalikidang, selain itu hamparan lokasi yang luas juga dapat dimanfaatkan sebagai media untuk mengembangkan potensi sumberdaya. Pada hari kedua kami ditemani oleh Ibu Rizki Nurul Nugraha SST., Par., MM., Par dan Ibu Liliana Dewi SS., MM., Par selaku Dosen Pendamping untuk melakukan survei ke Bukit Cinta dan Kalipasung sebagai potensi wisata kedua yang terdapat di Desa Kalikidang, Bukit Cinta dan Kalipasung menawarkan pemandangan yang indah dan hijau dikarenakan berada di Bukit sehingga dapat menjadi salah satu spot foto bagi wisatawan yang berkunjung.

Kegiatan terakhir kami melakukan pemaparan materi kepada Masyarakat Desa Kalikidang yang dibimbing oleh Ibu Rizki Nurul Nugraha SST., Par., MM., Par, Ibu Liliana Dewi SS., MM., Par  selaku Dosen Prodi Pariwisata dan Aushaf Hisyam selaku mahasiswa prodi Pariwisata dengan tema  “Pengembangan dan Pengelolaan Sektor Pariwisata di Desa Kalikidang”. Pemaparan materi ini turut dihadiri oleh Bapak Agus selaku perangkat desa, pemuda/i Desa Kalikidang dan Bapak/Ibu Desa Kalikidang, selain pemaparan materi kami juga membuka sesi diskusi dan penyerahan cinderamata untuk desa setempat.

Leave a Reply