You are currently viewing UPM Lakukan Survei, 87,6% Stakeholders Terbukti Pahami VMTS FEB UNAS dengan Baik

UPM Lakukan Survei, 87,6% Stakeholders Terbukti Pahami VMTS FEB UNAS dengan Baik

Jakarta (FEB-UNAS) – Berkaitan dengan telah dicanangkannya Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi (VMTS) UNAS terbaru serta terbitnya Rencana Strategis UNAS Periode 2021-2025, FEB pun telah mengikutinya dengan turut melakukan perubahan pada VMTS fakultas serta menyusun Rencana Strategis FEB UNAS Periode 2021-2025. Penyusunan VMTS pada FEB dan ketiga prodi yang dinaunginya ini dilakukan dengan prinsip rasionalitas  berdasarkan kapabilitas fakultas dan prodi sebagaimana yang telah diukur, dimonitor, dan dievaluasi secara periodik di dalam Laporan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Tridarma Perguruan Tinggi.

Dalam rangka mengukur dan menganalisis tingkat awareness, pemahaman, dan penerapan terhadap VMTS yang telah ditetapkan tersebut pada FEB UNAS beserta prodinya, Unit Penjaminan Mutu (UPM) FEB UNAS melakukan survei pemahaman stakeholder terhadap visi misi dengan cara  menyampaikan link kuesioner kepada responden yang antara lain terdiri dari mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, alumni, user, serta mitra industri dan lainnya. Dalam rentang tanggal 12 s.d. 16 Desember 2022, diperoleh 170 responden yang 41,8%-nya merupakan mahasiswa, 24,1% merupakan dosen, 2,9% merupakan tenaga kependidikan, 28,2% merupakan alumni, 1,8% merupakan user, dan 1,2% sisanya merupakan mitra industri dan lainnya.

Hasil survei menunjukkan bahwa 96,5% responden pernah membaca VMTS FEB UNAS beserta prodinya. Sebagian besar informasi mengenai VMTS tersebut diperoleh responden dari website resmi fakultas, figura VMTS yang tertempel di ruangan, dan banner/poster/spanduk. Sebanyak 87,6% responden juga menyatakan telah memahami dengan baik VMTS FEB UNAS beserta prodinya. Seluruh reponden mengaku telah menerapkan VMTS tersebut sebagai acuan dalam menjalankan kegiatan di lingkungan fakultas dan prodi. VMTS FEB UNAS beserta prodinya juga dinilai telah selaras dengan VMTS UNAS secara menyeluruh oleh 97,1% responden. 

Survei ini diharapkan mampu menjadi bahan evaluasi dan tindak lanjut bagi pimpinan fakultas dan prodi agar dapat meningkatkan awareness dan pemahaman stakeholders terhadap VMTS dan menjadi bahan pertimbangan hari apabila fakultas dan prodi hendak menyesuaikan VMTS-nya agar diselaraskan dengan kebutuhan stakeholders dalam rangka menciptakan sinergi yang mampu mendukung pengembangan fakultas dan prodi secara berkesinambungan. (M/M)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email

Leave a Reply