You are currently viewing Kegiatan Studi Banding Mahasiswa Pariwisata  Malang – Yogyakarta 2021 dengan Tema “My Trip My Studies”

Kegiatan Studi Banding Mahasiswa Pariwisata Malang – Yogyakarta 2021 dengan Tema “My Trip My Studies”

Himpunan Mahasiswa Pariwisata Universitas Nasional kembali menyelenggarakan kegiatan Studi Banding. Kegiatan yang rutin diadakan setiap tahunnya ini kembali sukses terselenggara dengan Malang dan Jogja sebagai daerah tujuan. Sebelumnya kegiatan serupa pernah dilaksanakan di Bali pada tahun 2019 dan Yogyakarta tahun 2018.

Kali ini kegiatan yang mengusung tema “My Trip My Studies” ini berhasil diselenggarakan mulai tanggal 07 Juni sampai 12 Juni. Dengan peserta sejumlah 135 mahasiswa dan didampingi oleh dosen pendamping yakni KaProdi Pariwisata Rizki Nurul Nugraha, Sst.Par., MM.Par, SekProdi Gagih Pradini, S.Par., MM., serta Liliana Dewi, SS., MM.Par dan Achmad Firdaus, S.IP., M.AP  , namun tetap mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia. Mulai dari rapid test untuk semua peserta, memakai masker, selalu mencuci tangan dan menjaga jarak selama beraktivitas. Baik sebelum kebarangkatan maupun setelah pulang dari kegiatan. Hal ini juga bertujuan untuk memutus rantai covid-19 dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Selama kegiatan di Jogja dan Malang mahasiswa diberi kesempatan untuk mengunjungi beberapa destinasi yang tersedia di dua kota tersebut, di antaranya: Dinas Pariwisata Malang, Desa Wisata Sidomulyo, Bromo, Studio Alam Gemplong, Gumuk Pasir Parangkusumo, Pantai Parangtritis, Cokelat Monggo, Tebing Breksi serta Malioboro.

Dalam kegiatan Studi Banding tersebut mahasiswa diharapkan mampu mengetahui perencanaan dan pengelolaan destinasi wisata, mampu mengembangkan kemampuan analisis promosi wisata, hingga mahasisawa diharapkan mampu membuat perbandingan antara satu destinasi wisata dengan wisata lainnya, mulai dari infrastruktur, aksesiblitas, juga atraksi yang nantinya dituangkan dalam bentuk laporan.

Selain itu mahasiswa juga dilatih menjadi seorang tour guide di dalam bis selama perjalanan untuk meningkatkan kemampuan public speaking dan memandu, yang merupakan salah satu atribut wajib yang harus melekat pada diri mahasiswa pariwisata.

Studi Banding ini juga merupakan ajang silaturahmi antara mahasiswa angkatan 2020 dan 2019 yang selama ini jarang bertemu akibat dari pembelajaran daring dengan konsep Makrab atau malam keakraban. Ke depannya semoga  Studi Banding Program Studi Pariwisata Universitas Nasional kembali terlaksana sehingga menjadi wadah anak-anak pariwisata mempraktekan segala ilmu yang telah diperoleh sebelumnya.