You are currently viewing Usung Transparansi, FEB Publikasikan Kinerja Tahun Akademik 2021-2022

Usung Transparansi, FEB Publikasikan Kinerja Tahun Akademik 2021-2022

Jakarta (Unas) – Sebagai upaya untuk terus mengutamakan akuntabilitas dan transparansi Unit Pengelola Program Studi (UPPS), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Nasional (Unas), mempublikasikan kinerja tahun akademik 2021-2021 pada Kamis (27/10). Dilakukan secara luring di Ruang Rapat Hotel Aloft, Cilandak, Jakarta Selatan. Acara ini dihadiri oleh seluruh Kepala Program Studi FEB dan Sekretaris Program Studi FEB, Tim Penjaminan Mutu FEB, dan Kepala Tata Usaha FEB.

“Hari ini kami melakukan mempublikasikan kinerja tahun akademik 2021-2022 berdasarkan Laporan Kinerja Dekan FEB Unas Tahun Akademik 2021-2022. Diketahui bahwa laporan ini telah disampaikan pada Rektor Unas dan Senat FEB Unas serta dipublikasikan melalui situs web FEB Unas. Diharapkan, laporan ini mampu menjadi bahan evaluasi dan tindak lanjut bagi para pimpinan FEB Unas untuk mencapai target dan sasaran dalam rangka meningkatkan kinerja dekan beserta jajarannya dan FEB Unas itu sendiri di tahun-tahun mendatang,” ujar Dekan FEB Unas, Prof. Kumba Digdowiseiso, S.E., M.App.Ec., Ph.D. dalam sambutannya.

Laporan Kinerja Dekan FEB Unas Tahun Akademik 2021-2022 terdiri atas bagian inti seperti: i) Gambaran Umum Fakultas, ii) Organisasi Fakultas, iii) Perencanaan Kinerja, iv) Akuntabilitas Kinerja, dan v) Penutup. Berkaitan dengan adanya visi, misi, tujuan, dan strategi pencapaian Unas terbaru seiring dengan terbitnya Rencana Strategis (Renstra) Unas Periode 2021-2025, FEB Unas telah melakukan sinergi dengan melakukan perubahan pula pada visi, misi, tujuan, dan strategi pencapaian dalam Renstra FEB Unas Periode 2021-2025. Perubahan tersebut tentu merupakan bentuk dukungan agar Unas dapat mencapai orientasinya. FEB Unas melakukan berbagai program untuk menjamin upaya terwujudnya visi, terlaksananya misi, tercapainya tujuan, dan berhasilnya strategi yang digunakan FEB Unas. Program-program tersebut antara lain Studi Banding dan Rapat Kinerja Dosen. Kegiatan tersebut diharapkan akan meningkatkan kinerja dan akuntabilitas para pimpinan FEB Unas.

Terkait dengan kemahasiswaan, diketahui perkembangan total mahasiswa kelas reguler pada kelima prodi (Prodi S1 Manajemen, Prodi S1 Akuntansi, dan Prodi S1 Pariwisata) di FEB Unas pada semester ganjil mulai dari tahun akademik 2019-2020, 2020-2021, hingga 2021-2022 mengalami tren yang meningkat. Ini menandakan komitmen FEB Unas secara bersungguh-sungguh melaksanakan program kerja dan strateginya. Sedangkan, Perkembangan total mahasiswa kelas karyawan pada ketiga prodi di FEB Unas pada semester ganjil di periode-periode tersebut justru terdampak adanya Pandemi COVID-19, sehingga mengalami tren yang fluktuatif. Namun, secara keseluruhan, total prestasi yang diraih oleh mahasiswa FEB Unas mengalami tren peningkatan. Bahkan, pada periode 2021-2022, jumlah prestasi mencapai 27 prestasi. Peningkatan prestasi akademik yang signifikan pada periode 2021-2022 disebabkan oleh semakin banyaknya lembaga yang bekerja sama dengan Unas untuk menyediakan beasiswa bagi mahasiswa FEB Unas.

Di sisi lain, penelitian yang melibatkan mahasiswa juga mengalami peningkatan yang pesat pada periode 2021-2022 hingga mencapai 27 penelitian. Begitu pula dengan kegiatan pengabdian masyarakat yang melibatkan mahasiswa yang mengalami pergerakan pada periode 2021-2022 hingga mencapai 19 pengabdian. Kedua hal itu didorong oleh upaya riil dari pihak fakultas untuk memacu mahasiswa secara aktif melibatkan diri dalam penelitian serta pengabdian masyarakat, sehingga menjadi lulusan yang professional dan berdaya saing tinggi. (A/N)

Leave a Reply