You are currently viewing UNAS Lepas 25 Mahasiswa Ikuti Program PMM Batch 4, Termasuk Mahasiswa FEB

UNAS Lepas 25 Mahasiswa Ikuti Program PMM Batch 4, Termasuk Mahasiswa FEB

Jakarta (Unas) – Universitas Nasional melepas 25 mahasiswanya dari lintas program studi untuk mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) batch 4 ke berbagai kampus yang dipilih oleh mahasiswa yang bersangkutan. Pelepasan mahasiswa secara simbolis ini dilakukan oleh Kepala Bidang Kegiatan Pembelajaran di Luar Kampus (MBKM) Badan Pengembangan Kurikulum Unas Mira Adita Widianti, S.I.Kom., M.I.Kom.

Kegiatan yang digelar pada Jumat, 12 Januari 2024 di Ruang Exhibition turut dihadiri oleh Kepala Badan Pengembangan Kurikulum (BPK) Unas Dr. Heni Jusuf, S.Kom., M.Kom., Koordinator Pertukaran Mahasiswa Merdeka Yuswarni S.A.P., MPA. serta Para Ketua Program Studi dilingkungan Unas.

Kepala Badan Pengembangan Kurikulum (BPK) Unas Dr. Heni Jusuf, S.Kom., M.Kom. memberikan sambutan dalam acara pelepasan peserta pertukaran mahasiswa merdeka,

Dalam sambutannya, Kepala Badan Pengembangan Kurikulum (BPK) Unas Dr. Heni Jusuf, S.Kom., M.Kom. menyampaikan terima kasih kepada para mahasiswa yang telah bersedia mengikuti program ini. Ia melanjutkan bahwa kuliah dikampus lain berbeda dengan kuliah dikampus sendiri karena adanya perbedaan budaya dan letak kampus yang berbeda pulau.

Heni mengatakan, nantinya mahasiswa juga akan mendapatkan modul Nusantara. Dimana Mahasiswa akan diajak untuk mengenal keberagaman nusantara melalui mata kuliah khusus dalam Program PMM

Modul Nusantara merupakan rangkaian kegiatan yang difokuskan untuk menciptakan pemahaman komprehensif tentang kebinekaan, inspirasi, refleksi, dan kontribusi sosial yang didesain melalui pembimbingan secara berurutan dan berulang. Dalam pelaksanaan Modul Nusantara, Mahasiswa Peserta PMM dibimbing oleh Dosen Modul Nusantara (Dosen MN) dan dibantu oleh liaison officer (LO).

“Semoga selama satu semester, para mahaiswa senang, dapat mengikuti mata kuliahnya,” ujar Heni.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) merupakan sebuah program mobilitas mahasiswa selama satu semester untuk mendapatkan pengalaman belajar di perguruan tinggi di Indonesia sekaligus memperkuat persatuan dalam keberagaman.

Terdapat enam elemen utama PMM, yaitu (1) Pertukaran mahasiswa dilakukan melalui perpindahan klaster antar pulau, (2) Pengakuan hasil belajar hingga 20 sks (3) Memungkinkan pertukaran mahasiswa PTN ke PTS dan sebaliknya (4) Diikuti oleh mahasiswa semester 3, 5, dan 7 saat program berjalan (5) Eksplorasi  persatuan dalam keragaman melalui Modul Nusantara (6) Mekanisme pertukaran akademik ke akademik dan vokasi ke vokasi

Ketua Program Studi Ilmu Politik Siti Sadiyatunnimah, S.MB., M.Si. saat menyampaikan sambutan, di Ruang Exhibition Unas,

Ketua Program Studi Ilmu Politik Siti Sadiyatunnimah, S.MB., M.Si. yang turut hadir memberikan sambutan menyampaikan terima kasih kepada BPK Unas yang sudah memfasilitasi para mahasiswa untuk bisa mengikuti program PMM ini. Selain itu juga, dengan kegitan ini dapat meningkatkan indek kinerja utama (IKU) program studi.

Siti pun berpesan kepada mahasiswa untuk menjaga nama baik pribadi, keluarga dan Unas, dalam kegiatan ini juga dilakukan Sharing session oleh alumni/ Mahasiswa PMM Angkatan 3 Muhammad Azka Najhan dari Prodi Akuntansi. PMM di Universitas Bandar Lampung. (*DMS)

Sumber: https://www.unas.ac.id/berita/unas-lepas-25-mahasiswa-ikuti-program-pmm-batch-4/

Leave a Reply