You are currently viewing Lanjutkan Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis AI, BPK Adakan Pelatihan Batch ke 2

Lanjutkan Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis AI, BPK Adakan Pelatihan Batch ke 2

Jakarta (UNAS) – Badan Pengembangan Mutu Universitas Nasional memberikan pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis AI (Artificial Intelligence) batch yang ke 2 pada Jumat (01/09) di ruang Seminar Lantai 3 Universitas Nasional. Pelatihan ditujukan pada seluruh dosen yang ada di lingkungan Universitas Nasional agar para dosen mampu dalam menghasilkan beragam model pembelajaran digital, terkait pemilihan media pembelajaran yang efektif sesuai dengan perkembangan teknologi, sehingga diharapkan mampu meningkatkan efektivitas pembelajaran.

“Jadi melanjutkan kegiatan yang sebelumnya hal ini juga bertujuan agar dosen mampu dalam menghasilkan beragam model pembelajaran digital. Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan”, kata Kepala Badan Pengembangan Kurikulum Dr. Heni Jusuf, S.Kom., M.Kom.

Menurut Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Universitas Nasional (Unas) Prof. Dr. Suryono Effendi, S.E., M.B.A. M.M. Kegiatan pelatihan ini merupakan bentuk nyata dari praktek perkuliahan yang ada di Universitas Nasional yang terus berinovasi dalam mengikuti perkembangan atau update teknologi khususnya dibidang teknologi komunikasi.

“penting sekali untuk melakukan pelatihan media pembelajaran berbasis digital untuk menunjang pembelajaran yang dilakukan, bahwa di era saat ini, jika tidak menguasai teknologi digital maka dipastikan akan tertinggal”, paparnya dalam sambutan.

Suryono juga menambahkan mengimplementasikan pelatihan ini dalam kegiatan pembelajaran sangat penting dilakukan guna mempertahankan dan memperbaiki sistem pembelajaran yang ada di Universitas Nasional.

“Hal ini juga sangat penting dalam menunjang akreditasi Kampus, jadi pelatihan ini sangat penting dan harus dilakukan dalam kegiatan pembelajaran.” Tutupnya.

Dalam kegiatan tersebut, para dosen yang hadir dilatih dan dibimbing oleh Febria Anita, S.Si.,  M.Sc cara menggunakan media pembelajaran Edpuzzle hingga para dosen mampu mengoperasikan dan mengimplementasikannya ke dalam video interaktif pembelajaran Edpuzzle.

Edpuzzle merupakan sebuah platform yang dapat membantu memilih video pembelajaran, kemudian mengedit, memotong, merekam suara dan menambahkan pertanyaan, sehingga mahasiswa tetap interaktif saat kegiatan belajar berlangsung. Edpuzzle juga merupakan platform yang membantu dosen dalam melaksanakan pembelajaran berbasis video. Platform ini membantu mahasiswa belajar melalui media video sesuai dengan kecepatan belajar masing-masing. (TIN)

Leave a Reply