You are currently viewing HIMAPAR World Tourism Day, Buat Budaya Indonesia Mendunia

HIMAPAR World Tourism Day, Buat Budaya Indonesia Mendunia

Jakarta (UNAS) – Himpunan Mahasiswa Jurusan Pariwisata (HIMAPAR) Universitas Nasional (UNAS) melaksanakan kegiatan Seminar, Talkshow dan Bazar untuk memperingati Hari Pariwisata Sedunia pada bulan Oktober dengan tema “Bringing The Culture to You.

Kegiatan ini diselenggarakan pada ruang Aula Blok 1 lantai 4, lalu bazaar berlokasi pada area parkir motor UNAS, tepat pukul 8 pagi rangkaian acara dimulai, dengan sambutan Ketua Umum HIMAPAR yaitu Glenn Abdillah Wibisono, dan yang terakhir sambutan dari Kaprodi Pariwisata yaitu Bapak Gagih Pradini S.Par., MM. Selanjutnya dilanjutkan dengan tarian pembuka yaitu tarian Kinang Kilaras yang dibawakan oleh mahasiswi Pariwisata Universitas Nasional. Dalam rangkaian acara juga dilakukan dengan pemaparan materi Seminar dan Talkshow, sesi tanya jawab, foto bersama dan pembagian Sponsorship dari Haus Indonesia.

Dalam acara ini, HIMAPAR mengundang audience dari beberapa SMA dan SMK sekitar lokasi Universitas Nasional, diantaranya SMA Negeri 28, SMK Pasar Minggu, SMK Pembangunan Jaya YAKAPI, SMK Negeri 8, SMK Negeri 37, SMK Negeri 57, dan SMK Negeri 28, serta mahasiswa Pariwisata Universitas Nasional.

Acara dimulai dengan seminar yang menghadirkan Cempaka Putri Fitrianty, A.Md sebagai Content Creator yang telah banyak membuat karya di social media, pada seminar ini juga dia menjelaskan tentang pentingnya semangat berbudaya pada generasi muda dan memotivasi audience agar tetap melestarikan kebudayaan Indonesia yang beragam. Kemudian sesi Talkshow yang dibawakan oleh Dr. Ramang Husin Demolingo, S.S., M.Par., yang bertemakan pentingnya kebudayaan di industri Pariwisata. Beliau mengatakan bahwa budaya merupakan salah satu aset terbesar Indonesia dalam industri Pariwisata, meliputi bahasa yang beragam, adat istiadat, tarian, makanan, dan arsitektur tradisional. Oleh karena itu, Indonesia menjadi tujuan destinasi yang menarik bagi wisatawan yang ingin mempelajari budaya yang berbeda-beda.

Selanjutnya Talkshow sesi 2 yang dibawakan oleh Sean Richard Bangun. Beliau merupakan Ketua Umum Asosiasi KEMBERIN (Kembali Berwisata Indonesia) sekaligus CEO Travel Buddies. Beliau mengatakan bahwa Pariwisata merupakan salah satu sektor penting dalam menggerakkan perekonomian Indonesia. Pariwisata pada tahun 2020 mengalami gejolak akibat pandemi Covid-19 dan menyebabkan banyak aspek-aspek pariwisata menurun drastis.

KEMBERIN yang menaungi ratusan stakeholder pariwisata hadir untuk menampung gagasan-gagasan nasional untuk bangkitnya pariwisata, melalui UNAS segala masukannya akan menjadi inspirasi yang baik. UNAS sebagai institusi pendidikan tinggi sangat penting untuk kemajuan indutri pariwisata, khusus dari segi keilmuan, acara yang berlangsung selama dua hari mulai dari tanggal 10 – 11 Oktober 2023, juga menghadirkan bazzar yang diikuti oleh para UMKM dan diseponsori oleh HAUS.(***)

Leave a Reply