You are currently viewing HIMAPAR BERBAGI di Bulan Ramadhan 1444 H

HIMAPAR BERBAGI di Bulan Ramadhan 1444 H

Jakarta (UNAS) – Sabtu, 08 April 2023, Himpunan Mahasiswa Jurusan Pariwisata Universitas Nasional telah melaksanakan kegiatan HIMAPAR BERBAGI pada bulan Ramadhan dengan tema “Berkah, Rekahkan Spirit Solid dan Keakraban Ukhuwah Islamiyah.” Kegiatan ini bertempat di Yayasan Panti Asuhan Yatim Da’arul Rahman, Pejaten, Pasar Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta.

Acara dimulai pada pukul 16.00 WIB dengan diawali  kata sambutan dari Pengurus Yayasan Panti Asuhan, Kaprodi Pariwisata yaitu Bapak Gagih Pradini S.Par., MM., Ketua Pelaksana yaitu Wikey Damai Yanti, dan yang terakhir sambutan dari Ketua Umum Himapar yaitu Glenn Abdillah Wibisono, lalu dilanjutkan dengan pembacaan Al-Qur’an. Dalam rangkaian acara buka puasa ini juga dilakukan dengan pemaparan materi, quiz, games dan pembagian takjil untuk ifthar (berbuka puasa).

Dalam pemaparan materi tersebut Kaprodi Pariwisata (Bapak Gagih Pradini S.Par.,MM.) menjelaskan tentang Destinasi Pariwisata dan Daya Tarik Wisata. Apa itu Destinasi Pariwisata? Destinasi Pariwisata adalah kawasan geografis yang berada dalam satu atau lebih wilayah administratif yang di dalamnya terdapat daya tarik wisata, fasilitas umum, fasilitas pariwisata, aksesibilitas, serta masyarakat yang saling terkait dan melengkapi terwujudnya kepariwisataan. Destinasi Pariwisata memiliki 3 komponen yaitu Atraksi, Aksesibilitas dan Amenitas.

Materi selanjutnya adalah Daya Tarik Wisata, yang dimana dijelaskan bahwa Daya Tarik Wisata adalah segala sesuatu yang memiliki keunikan, keindahan, dan nilai yang berupa keanekaragaman kekayaan alam, budaya, dan hasil buatan manusia yang menjadi sasaran atau tujuan kunjungan wisatawan. Ada 3 kategori lagi, ada yang sifatnya natural attraction (wisata alam ,seperti;pemandangan, flora dan fauna), cultural attraction (daya Tarik yang berasal dari bentuk lingkungan dan budaya manusia seperti;sejarah, arkeologi, religi dan kehidupan tradisional), dan yang terakhir ada special types of attraction (daya Tarik yang tidak berhubungan dengan kedua kategori diatas, tetapi atraksi yang berasal dari buatan manusia seperti; theme park, circus, shopping).

Kepala Program Studi Pariwisata, Gagih Pradini, S.Par.,MM., saat memberikan pemaparan materi kepada anak-anak Yayasan Panti Asuhan Yatim Da’arul Rahman.

Acara pun ditutup dengan buka bersama dengan anak-anak yatim Yayasan Panti Asuhan Da’arul Rahman dan penyerahan santunan juga souvenir yang diberikan oleh Bapak Gagih Pradini S.Par., MM., dan Ibu Anisa Putri Kusumaningrum SST.Par., MM.

Pemberian Plakat Kepada Pengurus Yayasan Panti Asuhan Yatim Da’arul Rahman.
Pemberian Hadiah Games Quiz Kepada Anak-Anak Yayasan Panti Asuhan Yatim Da’arul Rahman.

Leave a Reply