You are currently viewing Dosen dan Mahasiswa Prodi Pariwisata Lakukan Kunjungan ke UEH Vietnam

Dosen dan Mahasiswa Prodi Pariwisata Lakukan Kunjungan ke UEH Vietnam

Jakarta (UNAS) – Program Studi Pariwisata Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional melakukan kunjungan ke School of Tourism, University of Economics Ho Chi Minh City (UEH), Vietnam dalam rangka kegiatan International Student Mobility (ISM), 22-29 Januari 2024. ISM merupakan kegiatan yang dilakukan dengan tujuan menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa yang diterapkan secara rutin setiap tahunnya. Adapun kegiatan ISM meliputi International Seminar dan International Community Service.

“Kegiatan Internasional Student Mobility adalah kegiatan yang dilakukan oleh FEB bersama Prodi Pariwisata UNAS dan juga bekerja sama dengan UEH, Vietnam. Disini kita melakukan beberapa kegiatan seperti internasional seminar dan pengabdian pada masyarakat,” ujar Ketua Program Studi Pariwisata Gagih Pradini, S.Par., M.M. saat ditemui usai acara internasional seminar di UEH, Rabu, 24 Januari 2024.

Ia berharap dengan diadakannya kegiatan ini dapat berlanjut dengan aktivitas lain seperti kolaborasi penelitian pengabdian pada masyarakat maupun pertukaran pelajar. “Semoga ini berjalan lancar dan ini merupakan kerjasama awal yang bagus untuk Unas dan UEH,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Program Studi Pariwisata Anisa Putri Kusumaningrum, S.St.Par. mengatakan, kegiatan ISM bertujuan untuk mengembangkan suatu organisasi (Perguruan Tinggi) dalam kancah Internasional. Program ini memungkinkan mahasiswa untuk merasakan pengalaman dan belajar langsung di Universitas lain di luar negeri.

Pada kegiatan ISM, mahasiswa prodi pariwisata didorong untuk membuat artikel yang kemudian dipresentasikan dikampus luar negeri, dengan tujuan agar ada value yg diberikan untuk kampus tersebut.

Adapun mahasiswa mempresentasikan 12 artikel dengan berkelompok.

Mahasiswi Prodi Pariwisata mempresentasikan artikelnya di Ruang Seminar University of Economics

Dalam kesempatan yang sama, Dean of School Tourism University of Economics Ho Chi Minh City Dr. Nguyen Duc Tri, M.Sc. mengapresiasi mahasiswa yang telah mempresentasikan bahan artikelnya. Menurutnya bahan artikel yang disampaikan memiliki kualitas yang bagus. Ia menambahkan melalui presentasi artikel ini mahasiswa UEH mendapatkan pengetahuan dan gagasan baru.

Lebih lanjut, Tri mengatakan bahwa kunjungan dari Universitas Nasional ini dapat berlanjut dengan kegiatan-kegiatan lainnya, seperti program pertukaran pelajar, dosen maupun penelitian. “Melalui kegiatan ini, kita dapat bekerja sama untuk membangun program bersama antara kedua universitas untuk menyediakan lingkungan yang baik bagi mahasiswa untuk bertukar pendidikan dan studinya. Dan juga ini adalah platform yang sangat baik bagi kita untuk bekerja sama dalam penelitian serta mengajar antar kedua Universitas,” ungkapnya.

Ia pun berharap, kerja sama antara kedua Universitas dapat berlanjut setiap tahunnya dalam menyelenggarakan kegiatan-kegiatan akademis sehingga menghasilkan sesuatu yang baik. “Saya berharap kedepannya, UEH dan Universitas Nasional dapat terus menyelenggarakan kegiatan seperti ini dengan lebih baik lagi serta dapat menyelenggarakan lebih banyak lagi kegiatan antara kedua institusi sehingga bisa menghasilkan sesuatu yang baik,” pungkas Tri.

Dekan FEB UNAS Prof.Kumba Digdowiseiso. S.E. M.App.Ec. Ph.D. memberikan sambutan dalam acara kunjungan dan Seminar Internasional

Adapun yang ikut mendampingi mahasiswa antara lain, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prof. Kumba Digdowiseiso, S.E., M.App. Ec., Ph.D., Wakil Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Dr. Rahayu Lestari, S.E., M.M., Sekretaris Program Studi Pariwisata Anisa Putri Kusumaningrum, S.St.Par., M.M., Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Sutikman, S.T., M.Kom. dan Kepala Tata Usaha Priono Hasiholan, S.T.

Selain mempresentasikan bahan artikel, dosen dan mahasiswa Prodi Pariwisata juga diajak untuk tour campus untuk melihat beberapa fasilitas yang dimiliki UEH.

Tidak hanya mengunjungi kampus UEH, para mahasiswa juga melakukan kegiatan pengabdian masyarakat kepada para pelaku UMKM. Para mahasiswa didampingi oleh dosen melakukan wawancara dan memberikan edukasi kepada penjual sentra pernak-pernik dan cinderamata yang ada di kawasan wisata Vung Tau, Vietnam. (*DMS)

Sumber: https://www.unas.ac.id/berita/dosen-dan-mahasiswa-prodi-pariwisata-lakukan-kunjungan-ke-ueh-vietnam/

Leave a Reply