You are currently viewing Dosen Prodi Manajemen Melakukan Pengabdian Masyarakat via Zoom dengan Tema: PENYULUHAN DAN PELATIHAN STRATEGI PEMASARAN

Dosen Prodi Manajemen Melakukan Pengabdian Masyarakat via Zoom dengan Tema: PENYULUHAN DAN PELATIHAN STRATEGI PEMASARAN

Dalam melakukan kegiatan kewirausahaan dibutuhkan pengetahuan yang baik tentang manajemen khususnya manajemen pemasaran. Dalam kegiatan pemasaran produk terdapat dua jenis yakni barang dan jasa dimana masing-masing membutuhkan strategi tersendiri dalam pemasarannya.Pengenalan strategi pemasaran produk dan jasa merupakan aktivitas pemasaran yang diharapkan dapat meningkatkan penjualan sehingga mendukung kesuksesan kegiatan kewirausahaan. Pengetetahuan tentang pemasaran sudah sepatutnya dipahami  dalam mendukung kegiatan kewirausahaan melalui bentuk pendidikan sedini mungkin di tingkat sekolah. Hal ini untuk membentuk motivasi dan minat berwirausaha.

Pendidikan merupakan modal penting dan menjadi hak setiap orang untuk mendapatkannya. Melalui pendidikan seseorang dapat menambah wawasan, tidak mudah ditindas bahkan dapat meningkatkan kesejahteraan hidup. Pendidikan seyogyanya diberikan sedini mungkin sesuai dengan usia dan kemampuan. Setiap orang berhak untuk mendapatkan pendidikan, namun kesempatan dan keterbatasan kadang menjadi kendala utama dalam mendapatkannya. Anak-anak dengan keterbatasan latar belakang keluarga yang kurang mampu dan tidak mempunyai orang tua juga berhak untuk mendapatkan pendidikan formal melalui sekolah. Hal ini sangat bermanfaat bagi mereka sebagai modal untuk menyongsong masa depan lebih baik.

Kebutuhan ini mendorong sebuah yayasan yang bergerak dalam kegiatan sosial untuk membangun lembaga pendidikan khusus bagi yatim piatu dan kaum dhuafa. Terdapat jenjang pendidikan formal pada yayasan pembangunan masyarakat sejahtera (YPMS) mulai dari TK,SD,SMP dan SMA.  SMK Al Falah pada yayasan tersebut merupakan tingkat pendidikan yang mempunyai cukup banyak jumlah siswa.  Kegiatan penyuluhan dan pelatihan pemasaran dalam mewujudkan jiwa berwirausaha ini merupakan upaya untuk mewujudkan motivasi siswa dalam berwirausaha, membentuk insan mandiri dengan segala keterbatasan yang dimilikinya. Hal ini menjadikan suatu peluang untuk dilakukannya kegiatan pengabdian Kepada Masyarakat yang merupakan salah satu wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi selain pengajaran dan penelitian.

Kegiatan berupa on line dengan menggunakan aplikasi zoom dimana tim pengabdian menggunakan aplikasi zoom melalui laptop masing2 di tempat yang berbeda dan peserta yakni siswa SMK Al Falah berkumpul dan berada di aula Panti Asuhan Putra Yayasan Pembangunan Masyarakat Sejahtera (YPMS) Jln. Masjid Darussalam, Kedaung, Tangerang Selatan menggunakan aplikasi zoom berbentuk in focus. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada tanggal 12 Agustus 2020 di lokasi pelaksanaan yang telah disebutkan.