Jakarta (UNAS) – Dalam rangka memperingati Hari Pariwisata Dunia, Himpunan Mahasiswa Pariwisata (HIMAPAR) Universitas Nasional (UNAS) bersama Kecamatan Pasar Minggu sukses menyelenggarakan World Tourism Day Bazaar Jakarta Entrepreneur pada Rabu dan Kamis (24-25/10) di Lapangan Parkiran UNAS. Kegiatan yang berlangsung meriah ini bertujuan untuk memperkuat pengembangan kewirausahaan lokal serta mendorong keterlibatan masyarakat dalam sektor pariwisata yang terus berkembang.
Dalam wawancara dengan tim Humas UNAS, Elisa panitian dari acara World Tourism Day Bazaar Jakarta Entrepreneur mengatakan bahwa kegiatan ini juga menjadi ajang bagi mahasiswa untuk mengasah kemampuan berwirausaha dan memperluas jaringan dengan para pelaku usaha lokal.
“Panitia HIMAPAR dan para dosen sangat senang melihat antusiasme masyarakat dan mahasiswa yang begitu besar terhadap kegiatan ini. Dengan adanya bazaar ini, semoga dapat memperkenalkan lebih banyak produk-produk kreatif lokal yang mencerminkan budaya Indonesia,” ujar Elisa, salah satu mahasiswa HIMAPAR yang turut berperan aktif dalam acara tersebut.
Kegiatan ini menghadirkan beragam produk dari wirausaha lokal Jakarta, termasuk kuliner, minuman, dan kerajinan tangan yang unik. Kemeriahan semakin terasa dengan ramainya pengunjung yang tidak hanya berasal dari kalangan mahasiswa, tetapi juga masyarakat umum. Pengunjung menikmati berbagai produk inovatif hasil kreativitas anak-anak muda yang terus berupaya menghadirkan kualitas dan daya saing dalam produknya.
Kemudian, tidak hanya sekedar pengalaman belanja produk lokal, bazaar ini juga menjadi tempat berbagi pengetahuan dan pengalaman antara mahasiswa dan para wirausahawan muda. “Interaksi langsung dengan pengunjung dan sesama wirausaha memberikan wawasan baru tentang cara mengelola usaha serta mengembangkan produk yang lebih kreatif,” tambahnya.
Selain memperkenalkan produk lokal, acara ini juga diharapkan dapat memotivasi masyarakat untuk mendukung produk-produk lokal. Kegiatan ini menjadi langkah awal kolaborasi yang berkesinambungan antara perguruan tinggi, pemerintah daerah, dan masyarakat untuk membangun sektor pariwisata yang berdaya saing tinggi.
World Tourism Day Bazaar Jakarta Entrepreneur ini diharapkan menjadi kegiatan tahunan yang semakin meningkatkan partisipasi masyarakat dan menjadi wadah bagi lahirnya wirausahawan baru. Dengan kolaborasi seperti ini, HIMAPAR UNAS dan Kecamatan Pasar Minggu berharap dapat membangun ekosistem pariwisata yang inklusif dan berkelanjutan, membawa dampak positif bagi ekonomi lokal serta melestarikan budaya Indonesia.(SAF).