You are currently viewing LAMEMBA Asesmen Lapangan Program Studi Akuntansi

LAMEMBA Asesmen Lapangan Program Studi Akuntansi

Jakarta (UNAS) – Dalam rangka proses reakreditasi, Tim Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA) mendatangi Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional (FEB UNAS) untuk melakukan asesmen lapangan pada Senin dan Selasa 14 – 15 April 2025.

Dekan FEB UNAS Prof. Dr. Ir. Edi Sugiono, S.E., M.M.

Adapun asesmen dilakukan bertujuan untuk mengkonfirmasi data dan informasi yang diajukan perguruan tinggi sebagai dasar dalam penilaian kriteria akreditasi program studi serta menjamin bahwa proses akreditasi dilakukan secara independen, akurat, objektif, transparan, akuntabel, ketidakberpihakan, kredibel, menyeluruh, efektif, dan efisien.

Hasil asesmen lapangan ini nantinya akan digunakan oleh Dewan Eksekutif LAMEMBA untuk menetapkan status akreditasi dan peringkat terakreditasi. Penetapan hasil tersebut dituangkan dalam bentuk keputusan dengan masa berlaku 5 (lima) tahun.

Tim asesor yang hadir dalam kesempatan ini adalah Prof. Dr. Inten Meutia, S.E., Ak., MAcc., CA., CSRS. (Universitas Sriwijaya, Palembang) dan Dr. I Gusti Ngurah Agung Suaryana, S.E, M.Si, Ak. (Universitas Udayana, Bali).

Wakil Rektor UNAS Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M.,

Kegiatan yang bertempat di Ruang Aula Blok A Lt. 4 UNAS juga turut dihadiri oleh Wakil Rektor UNAS Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M., Dekan FEB UNAS Prof. Dr. Ir. Edi Sugiono, S.E., M.M., Wakil Dekan FEB UNAS Dr. Rahayu Lestari, S.E., M.M., Ketua dan Sekretaris Program studi, tim akreditasi, Kepala Badan, Biro, Lembaga dan Unit di lingkungan UNAS.

Dalam asesmen lapangan program studi Akuntansi ini terdapat sembilan kriteria yang dinilai oleh LAMEMBA diantaranya yaitu, (1) Visi, Misi, Tujuan dan Strategi, (2) Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerjasama, (3) Mahasiswa, (4) Sumber Daya Manusia, (5) Keuangan, Sarana dan Prasarana, (6) Kurikulum, (7) Penelitian, (8) Pengabdian kepada Masyarakat, dan (9) Luaran dan Capaian.

 

Baca Juga :  Audit Mutu Internal UPT Marketing and Public Relations Universitas Nasional

Asesor 2 Dr. I Gusti Ngurah Agung Suaryana, S.E, M.Si, Ak. saat meninjau Cyber Library didampingi tim akreditasi dari pihak Fakultas, Universitas dan Kepala Cyber Library, Selasa, 15 April 2025.

Asesmen lapangan ini diawali dengan pembukaan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M. Dalam sambutannya, Prof.  Suryono menyampaikan bahwa dalam rangka akreditasi ini pihaknya sangat mendukung penuh pelaksanaan asesmen lapangan program studi akuntansi. “Kami dari UNAS men-support serta siap membantu apa-apa yang dibutuhkan dan diperlukan dalam rangka memperlancar tugas bapak ibu untuk asesmen pada hari ini dari tanggal 14 sampai tanggal 15,” katanya.

Ia melanjutkan bahwa prodi akuntansi saat ini memiliki akreditasi “Sangat Baik” dan pada proses re-akreditasi berupaya untuk meraih hasil yang maksimal. Prof. Suryono juga menyatakan bahwa pihaknya terus mendorong prodi-prodi yang ada di UNAS untuk bisa naik dalam peringkat akreditasinya.

“Alhamdulillah kita sudah unggul secara Universitas dan juga di beberapa Prodi hampir 35% sudah ada yang unggul sehingga tentu kita dari Universitas Nasional mendorong para Prodi-Prodi untuk bisa meningkatkan hasil akreditasi secara maksimal,” ujarnya.

Usai acara dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni UNAS, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan mengenai ringkasan dokumen akreditasi oleh Dekan FEB UNAS Prof. Dr. Ir. Edi Sugiono, S.E., M.M. Usai pemaparan ringkasan dokumen akreditasi, kedua asesor turut menyampaikan beberapa hal.

Penyerahan berita acara oleh Asesor 1 Prof. Dr. Inten Meutia, S.E., Ak., MAcc., CA., CSRS. (kanan) kepada Ketua Program Studi Akuntasi Dr. Bambang Subiyanto, S.E.,M.Ak, CPA. (kiri) di Ruang Aula, Blok A Lt. 4, Selasa, 15 April 2025.

Prof. Dr. Inten Meutia, S.E., Ak., MAcc., CA., CSRS. mengungkapkan bahwa kedatangannya ke UNAS adalah penugasan dari LAMEMBA untuk melakukan asesmen lapangan kepada Prodi akuntansi. Ia juga mengatakan bahwa asesmen lapangan ini tidak bertujuan untuk mencari kesahalan atau mengaudit. Namun hanya untuk mengklarifikasi dokumen yang sudah dikirimkan kepada LAMEMBA.

“Jadi kita hanya ingin mengklarifikasi apa-apa yang sudah bapak ibu sampaikan di dokumen. barangkali ada yang belum jelas, barangkali ada yang kami masih perlu pemahaman lebih lanjut atau barangkali juga ada data yang belum tersampaikan, dalam kesempatan asesmen lapangan inilah, kami berharap hal itu tadi menjadi lebih jelas gitu, jadi kalau ada yang belum jelas kita perjelas, kalau ada data yang mungkin masih kurang nanti bisa ditambahkan,” jelas Prof. Inten.

Dalam kesempatan yang sama, Dr. I Gusti Ngurah Agung Suaryana, S.E, M.Si, Ak., berharap asesmen lapangan dapat berjalan dengan baik dan lancar serta hasil yang dicita-citakan oleh prodi Akuntansi dapat tercapai. “Mudah-mudahan nanti lancar gitu ya diperoleh hasil yang maksimal, dokumen juga semua bisa tersampaikan dan kami terima sehingga nanti hasilnya sesuai dengan yang bapak ibu harapkan,” katanya.

Asesor 2 Dr. I Gusti Ngurah Agung Suaryana, S.E, M.Si, Ak. saat meninjau Korean Corner didampingi tim akreditasi dari pihak Fakultas dan Universitas.

Usah penyampaian dari kedua asesor, acara dilanjutkan dengan verifikasi DED (Dokumen Evaluasi Diri) dan DKPS (Dokumen Kinerja Program Studi). Pada hari pertama kedua asesor melakukan verifikasi bukti fisik/non-fisik serta wawancara dengan alumni dan pengguna.

Pada hari kedua proses asesmen lapangan tim asesor melakukan pembagian kerja. Prof. Dr. Inten Meutia, S.E., Ak., MAcc., CA., CSRS., melakukan wawancara dengan dosen, mahasiswa, serta tenaga pendidik. Sementara, Dr. I Gusti Ngurah Agung Suaryana, S.E, M.Si, Ak. melakukan peninjauan lapangan untuk melihat kondisi nyata sarana dan prasarana yang telah disediakan UNAS. Diantaranya yaitu Laboratorium Komputer Akuntansi, Fakultas, Cyber Library, Auditorium, Ruang Bimbingan Konseling, Ruang Pengembangan Kurikulum, serta Smart Class Room dan Korean Corner.

Hal tersebut dilakukan dalam rangka memastikan kebenaran dan kesesuaian informasi yang disampaikan oleh Program Studi kepada LAMEMBA dalam dokumen akreditasi.

Setelah seluruh dokumen diklarifikasi, asesor melakukan kerja mandiri asesor mengenai penyiapan draft berita acara dan rekomendasi hasil akreditasi. Kegiatan hari kedua, diakhiri dengan penyampaian draft Berita Acara ke Prodi & UPPS, finalisasi Berita Acara AL, Penandatanganan Berita Acara Asesmen Lapangan, dan diakhiri dengan foto bersama serta ramah tamah. (*DMS)

Sumber Link Berita : https://www.unas.ac.id/berita/lamemba-asesmen-lapangan-program-studi-akuntansi/

Leave a Reply