Program Studi Manajemen

Gelar Lulusan

S.M. (Sarjana Manajemen)

Akreditasi

A (BAN-PT)

Lama Studi / Beban Studi

7-8 Semester / 144 sks

Program Studi Manajemen

Program Studi Manajemen Perusahaan Fakultas Ekonomi Universitas Nasional didirikan pada bulan September 1964 dengan nama Fakultas Ekonomi Jurusan Ekonomi Perusahaan, yang dipimpin oleh Drs.M.Slamet Saubary (Alm) sebagai Dekan, dan M. Kamil Tjokroaminoto (Alm) sebagai Sekretaris Fakultas.

Periode 1964 – 1983, perkuliahan Fakultas Ekonomi Jurusan Ekonomi Perusahaan dilakukan berpindah-pindah mulai dari Jl. Pegangsaan Timur pada sore hari yang bertempat di Public Health, kemudian pindah ke Jl. Diponegoro setelah jam belajar SMA PSKD usai. Selanjutnya pindah lagi ke Jl. Perwira (SMPN 4). Ketika terjadi pemberontakkan G-30-PKI tahun 1965, mahasiswa UNAS yang tergabung dalam KAMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia) berhasil merebut dua gedung Sekolah Cina di Jl. Kalilio 17 – 19, dan Jl. Senen Raya. Kemudian yang di Jl. Senen Raya diberikan kepada Universitas Ibnu Chaldun. Pada tahun 1966 gedung di Jl. Kalilio digunakan sebagai pusat kegiatan Universitas Nasional. Dengan demikian kegiatan perkuliahan UNAS pun ikut pindah ke gedung UNAS di Jl. Kalilio 17 – 19 yang berlangsung dari tahun 1966 sampai dengan tahun 1983.

Pada tahun 1982 UNAS berhasil membangun sebuah gedung di Jl. Sawo Manila Pejaten Pasar Minggu Jakarta Selatan dan semua kegiatan akademik dan administrasi dipusatkan ditempat tersebut, termasuk Fakultas Ekonomi sebagai salah satu unit kegiatan Universitas Nasional. Tahun 1985 UNAS berhasil meningkatkan statusnya dari TERDAFTAR menjadi DIAKUI. Bersamaan dengan itu nama jurusan juga berubah menjadi jurusan Manajemen Perusahaan. Jumlah mahasiswa pun meningkat, sehingga pada tahun akademik 1983/1984 FE UNAS mulai melakukan kegiatan perkuliahan pada pagi hari. Selanjutnya perkuliahan dilakukan pagi, siang, sore dan malam hari hingga sekarang.

Eligibilitas Program Studi Manajemen terus berlanjut naik dari tahun ketahun. Tahun akademik 1991/1992 status Program Studi Manajemen Perusahaan meningkat dari DIAKUI menjadi DISAMAKAN, berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 10131/0/1991. Tahun akademik 1997/1998 status Program Studi Manajemen Perusahaan UNAS meningkat dari DISAMAKAN menjadi TERAKREDITASI berdasarkan keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor: 001/BAN-PT/AK-1/VIII/1998. Selanjutnya pada tahun 2006 program Studi Manajemen Perusahaan UNAS TERAKREDITASI berdasarkan keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor: 001/BAN-PT/AK-1/I/2006 dengan Predikat Akreditasi A. Pada akreditasi di tahun 2010 Prodi Manajemen kembali mendapatkan Predikat A sebagaimana tertera dalam SK BAN-PT Nomor: 046/BAN-PT/Ak-XIII/II/2011).

Integritas Prodi Manajemen didalam menghadapi tantangan kedepan konsisten menerapkan program kegiatan dan pengembangan belajar mengajar. Seiring perkembangan   kurikulum   diadakan evaluasi secara berkala untuk memenuhi tuntutan masyarakat mengacu pada Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang telah diberlakukan sejak 2003/2004. Dengan kurikulum yang telah disempurnakan diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu bersaing dalam mendapatkan ataupun membuka lapangan pekerjaan. Secara keseluruhan Prodi Manajemen telah menghasilkan lulusan sesuai kebutuhan pasar kerja sehingga lulusan cepat bekerja diberbagai sektor baik di perusahaan, instansi pemerintah, perguruan tinggi, maupun sebagai wiraswastawan.

Keunggulan Program Studi Manajemen

Program Studi Manajemen Universitas Nasional memiliki sejarah panjang dan reputasi yang solid sejak didirikan pada tahun 1964. Prodi ini terus menunjukkan peningkatan kualitas akademik dengan memperoleh status akreditasi tertinggi secara bertahap, hingga mencapai predikat Akreditasi A dari BAN-PT. Keberhasilan ini didukung oleh komitmen dalam menyediakan pendidikan berkualitas tinggi melalui kurikulum berbasis kompetensi (KBK) yang dievaluasi secara berkala. Dengan demikian, Prodi Manajemen mampu mencetak lulusan yang memiliki kompetensi unggul dan relevan dengan kebutuhan pasar kerja modern.

Salah satu keunggulan Prodi Manajemen adalah kemampuan adaptasinya terhadap tuntutan industri yang dinamis. Dengan kurikulum yang disesuaikan untuk membangun keterampilan praktis dan teori yang mendalam, lulusan Prodi Manajemen Universitas Nasional terbukti mampu bersaing di berbagai sektor, termasuk perusahaan swasta, instansi pemerintah, perguruan tinggi, dan bidang kewirausahaan. Berkat integritas dan dedikasi dalam mengembangkan sistem pembelajaran yang relevan, prodi ini berhasil mencetak lulusan yang cepat terserap ke dunia kerja dan mampu berkontribusi secara signifikan di berbagai bidang.

Visi & Misi Program Studi Manajemen

Visi Prodi Manajemen

“Menjadi program studi sarjana manajemen berstandar internasional di tahun 2026 melalui pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan kebudayaan pada bidang SDM, keuangan, dan pemasaran.”

Misi Program Studi Manajemen

Menyelenggarakan pendidikan bidang SDM, keuangan, dan pemasaran yang bermutu, modern, dan relevan dengan pencapaian standar internasional.
Menyelenggarakan pendidikan Bidang SDM, Keuangan, dan Pemasaran, yang Bermutu, Modern dan Rrelevan dengan Pencapaian Standar Internasional.
Menyelengarakan Pengabdian Kepada Masyarakat Sebagai Pemanfaatan Hasil Pendidikan dan Penelitian Bidang SDM, Keuangan dan Pemasaran untuk Kepentingan Stakeholder

Tujuan  Program Studi Manajemen 

  1. Meningkatkan kuantitas dan kualitas pendidikan bidang SDM, keuangan, dan pemasaran berstandar internasional dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan kebudayaan.
  2. Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian bidang SDM, keuangan, dan pemasaran.
  3. Meningkatkan pengabdian kepada masyarakat yang bermutu dan berdaya guna berdasarkan hasil pendidikan dan penelitian bidang SDM, keuangan, dan pemasaran.

Sasaran Program Studi Manajemen

Berdasarkan tujuan di atas, sasaran strategis Prodi Manajemen FEB UNAS dirumuskan sebagai berikut:

  1. Meningkatnya relevansi, kuantitas, dan kualitas pendidikan tinggi di bidang SDM, keuangan, dan pemasaran.
  2. Meningkatnya kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat melalui peningkatan mutu  penelitian,  publikasi, dan inovasi di bidang SDM, keuangan, dan pemasaran.

Adapun sasaran program Prodi Manajemen FEB UNAS adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatnya kualitas pembelajaran dan kualitas mahasiswa Prodi Manajemen FEB UNAS.
  2. Meningkatnya relevansi, kualitas, dan kuantitas sumber daya Prodi Manajemen FEB UNAS.
  3. Meningkatnya kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat melalui peningkatan mutu penelitian dan publikasi serta penguatan kapasitas inovasi di bidang SDM, keuangan, dan pemasaran.

Distribusi Mata Kuliah

Fakultas Ekonomi dan Bisnis mempunyai konsentrasi studi dengan berbagai mata kuliah yang menunjang. Bidang kekhususan/konsentrasi studi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional terdiri dari:

  1. Konsentrasi Sumber Daya Manusia
  2. Konsentrasi Pemasaran
  3. Konsentrasi Keuangan

Prospek Kerja (Profil Lulusan)

NOJENIS MKKODE MKMATA KULIAH KURIKULUM TAHUN 2025 (Bahasa Indonesia)MATA KULIAH KURIKULUM TAHUN 2025 (Bahasa Inggris)SKSPRASYARATPELAKSANAAN
SEMESTER I_REGULAR
1WPMN254101Pengantar ManajemenIntroduction to Management3Di Prodi
2WPMN254102Pengantar BisnisIntroduction to Business3Di Prodi
3WPMN254103Pengantar AkuntansiIntroduction to Accounting3Di Prodi
4WPMN254104Matematika Ekonomi & BisnisBusiness and Economic Mathematics3Di Prodi
5WPMN254105Teori Organisasi ModerenModern Organization Theory 3Di Prodi
6WPMN254106Ekonomi MikroMicro economics3Di Prodi
Total18
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS NASIONAL
NOJENIS MKKODE MKMATA KULIAH KURIKULUM TAHUN 2025 (Bahasa Indonesia)MATA KULIAH KURIKULUM TAHUN 2025 (Bahasa Inggris)SKSPRASYARATPELAKSANAAN
SEMESTER II REGULER
1WUMKU250202KewirausahaanEntrepreneurship2Di Universitas
2WNMKU250104Bahasa IndonesiaIndonesian Language2Di Universitas
3WNMKU250101Pendidikan AgamaReligious Education2Di Universitas
4WNMKU250102Pendidikan PancasilaPancasila Education2Di Universitas
5WUMKU250201Bahasa Inggris/ TOEFLEnglish Language / TOEFL2Di Universitas
6WPMN254207Sistem Informasi Manajemen Management Information Systems 2Di Prodi
7WPMN254208Etika BisnisBusiness Ethics 3Di Prodi
8WPMN254209Ekonomi Makro Macro economics3Ekonomi Mikro Di Prodi
Total18
NOJENIS MKKODE MKMATA KULIAH KURIKULUM TAHUN 2025 (Bahasa Indonesia)MATA KULIAH KURIKULUM TAHUN 2025 (Bahasa Inggris)SKSPRASYARATPELAKSANAAN
SEMESTER III_REGULER
1WPMN254310Statistik Ekonomi & Bisnis Business and Economic Statistics 3Di Prodi
2WPMN254311Manajemen SDM Human Resource Management 3Di Prodi
3WPMN254312Manajemen Pemasaran Marketing Management 3Di Prodi
4WPMN254313Manajemen OperasionalOperations Management 3Di Prodi
5WPMN254314Manajemen Keuangan Financial Management 3Di Prodi
6WPMN254315Berpikir KritisCritical Thinking 3Di Prodi
7WPMN254316Hukum Bisnis Business Law 2Di Prodi
Total20
NOJENIS MKKODE MKMATA KULIAH KURIKULUM TAHUN 2025 (Bahasa Indonesia)MATA KULIAH KURIKULUM TAHUN 2025 (Bahasa Inggris)SKSPRASYARATPELAKSANAAN
SEMESTER IV_REGULER
1WKMN254417Man. Pelatihan dan Peng. SDM***Training and Development Management3Manajemen SDM Di Prodi
WKMN254418Manajemen Pemasaran Jasa***Service Marketing Management Manajemen PemasaranDi Prodi
WKMN254419Analisis Sekuritas & Porfotolio*** Securities and Portfolio Analysis Manajemen Keuangan Di Prodi
2WPMN254420Riset OperasiOperations Research 3Matematika Ekonomi dan BisnisDi Prodi
3WPMN254421Ekonomi ManajerialManagerial Economics 3Ekonomi Mikro Di Prodi
4WPMN254422PerpajakanTaxation2Di Prodi
5WPMN254423Perilaku OrganisasiOrganizational Behavior 3Pengantar ManajemenDi Prodi
6WPMN254424Aplikasi Komputer StatistikStatistical Computer Applications 2Statistik Ekonomi & Bisnis Di Prodi
7WNMKU250103Pendidikan KewarganegaraanCivic Education 2Di Universitas
8WPUMKU250301Olahraga/SeniSports/Arts 2Di Universitas
MKU250302Pendidikan Anti KorupsiAnti-Corruption Education
MKU250303Konversi Alam dan LingkunganNature and Environmental Conservation
MKU250304Literasi DigitalDigital Literacy
MKU250305Bahasa AsingForeign Language
Total20
NOJENIS MKKODE MKMATA KULIAH KURIKULUM TAHUN 2025 (Bahasa Indonesia)MATA KULIAH KURIKULUM TAHUN 2025 (Bahasa Inggris)SKSPRASYARATPELAKSANAAN
SEMESTER V_REGULER
1WKMN254525Manajemen Kinerja & Kompensasi*** Performance and Compensation Management 3Manajemen SDM Di Prodi
WKMN254526Riset Sumber Daya Manusia (SDM) ***Human Resources management (HR) Research 3Manajemen SDM Di Prodi
WKMN254527Manajemen Strategi Pemasaran*** Strategic Marketing Management 3Manajemen Pemasaran Di Prodi
WKMN254528Riset Pemasaran***Marketing Research 3Manajemen Pemasaran Di Prodi
WKMN254529Analisis Kinerja Keuangan*** Financial Performance Analysis 3Manajemen Keuangan Di Prodi
WKMN254530Riset Keuangan***Financial Research 3Manajemen Keuangan Di Prodi
2WPMN254531Studi Kelayakan Bisnis Business Feasibility Study 3Di Prodi
3WPMN254532Manajemen Risiko Risk Management 2Di Prodi
4WPMN254533Akuntansi ManajemenManagement Accounting 3Di Prodi
5WPMN254534Manajemen Strategik Strategic Management 3MP + MK + MO + MSDM Di Prodi
6WPMN254535Bahasa Inggris BisnisBusiness English 3Di Prodi
Total20
NOJENIS MKKODE MKMATA KULIAH KURIKULUM TAHUN 2025 (Bahasa Indonesia)MATA KULIAH KURIKULUM TAHUN 2025 (Bahasa Inggris)SKSPRASYARATPELAKSANAAN
SEMESTER VI_REGULER
1WPMN254636Anggaran BisnisBusiness Budgeting 3Di Prodi
2WPMN254637Finance Technology Finance Technology 3Manajemen KeuanganDi Prodi
3WPMN254638Digital MarketingDigital Marketing3Manajemen PemasaranDi Prodi
4WPMN254639Transformational Digital Human ResourceTransformational Digital Human Resource3Manajemen SDMDi Prodi
5PDPMN2556**MK Pilihan Dalam Program Stud (****)_RegulerElective Courses Within Study Program ****8Di Prodi
Total20
SEMESTER VI_MBKM
1MBKMMB-2502136050Anggaran BisnisBusiness Budgeting 3Di Prodi
2MBKMMB-2502136051Finance Technology Finance Technology 3Manajemen KeuanganDi Prodi
3MBKMMB-2502136052Digital MarketingDigital Marketing3Manajemen PemasaranDi Prodi
4MBKMMB-2502136053Transformational Digital Human ResourceTransformational Digital Human Resource3Manajemen SDMDi Prodi
5MBKMMB-25021460**MK Pilihan Dalam Program Studi****_MBKM Elective Courses Within Study Program ****8Di Prodi
Total20
NOJENIS MKKODE MKMATA KULIAH KURIKULUM TAHUN 2025 (Bahasa Indonesia)MATA KULIAH KURIKULUM TAHUN 2025 (Bahasa Inggris)SKSPRASYARATPELAKSANAAN
SEMESTER VII_REGULER
1WPMN254764Big Data AnalyticsBig Data Analytics3Di Prodi
2WPMN254765Start Up and Venture CapitalStart Up and venture capital2Di Prodi
3WPMN254766Metode Penelitian ManajemenMetode Penelitian Manajemen3Aplikasi Komputer StatistikDi Prodi
4PDPMN2557**MK Pilihan Dalam Program Studi (****)_RegulerElective Courses Within Study Program ****12Di Prodi
Total20
SEMESTER VII_MBKM
1MBKMMB-2502137077Big Data AnalyticsBig Data Analytics3Di Prodi
2MBKMMB-2502137078Start Up and Venture CapitalStart Up and venture capital2Di Prodi
3MBKMMB-2502137079Metode Penelitian ManajemenMetode Penelitian Manajemen3Aplikasi Komputer StatistikDi Prodi
1MBKMMB-25021470**MK Pilihan Dalam Program Studi (****)_MBKMElective Courses Within Study Program ****12Di Prodi
Total20
NOJENIS MKKODE MKMATA KULIAH KURIKULUM TAHUN 2025 (Bahasa Indonesia)MATA KULIAH KURIKULUM TAHUN 2025 (Bahasa Inggris)SKSPRASYARATPELAKSANAAN
SEMESTER VIII
1PPMN254890Bisnis InternasionalInternational Business2Di Prodi
2WPMN254891Tugas Akhir / SkripsiFinal Project / Thesis 6Metode Penelitian Manajemen & Aplikom Statistik Min.C & 120 SKSDi Prodi
Total8
Total Minimal SKS144
MATAKULIAH KOSENTRASI (***)
NOKODE MKMATA KULIAH KURIKULUM TAHUN 2024SKSPRASYARATPELAKSANAAN
Konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia
1WPMN254525Manajemen Kinerja & Kompensasi*** Performance and Compensation Management 3Manajemen SDM Di Prodi
2WPMN254417Man. Pelatihan dan Peng. SDM***Training and Development Management3Manajemen SDM Di Prodi
3WPMN254526Riset SDM***HR Research 3Manajemen SDM Di Prodi
Konsentrasi Manajemen Pemasaran
1WPMN254527Manajemen Strategi Pemasaran***Strategic Marketing Management 3Manajemen Pemasaran Di Prodi
2WPMN254418Manajemen Pemasaran Jasa***Service Marketing Management 3Manajemen Pemasaran Di Prodi
3WPMN254528Riset Pemasaran***Marketing Research 3Manajemen Pemasaran Di Prodi
Konsentrasi Manajemen Keuangan
1WPMN254529Analisis Kinerja Keuangan***Financial Performance Analysis 3Manajemen Keuangan Di Prodi
2WPMN254419Analisis Sekuritas & Porfotolio***Securities and Portfolio Analysis 3Manajemen Keuangan Di Prodi
3WPMN254530Riset Keuangan***Financial Research 3Manajemen Keuangan Di Prodi
MATAKULIAH PILIHAN (****)_REGULER * minimal 20 sks
NOKODE MKMATA KULIAH KURIKULUM TAHUN 2024SKSPRASYARATPELAKSANAAN
SEMESTER GANJIL
1PDPMN255767Manajemen Perbankan****Banking Management3Di Prodi
2PDPMN255768Komunikasi Pemasaran****Marketing Communication3Di Prodi
3PDPMN255769Manajemen SDM Internasional****International Human Resource Management3Di Prodi
4PDPMN255770Manajemen Keuangan Internasional****International Financial Management3Di Prodi
5PDPMN255771Manajemen Pemasaran Internasional****International Marketing Management3Di Prodi
6PDPMN255772Manajemen koperasi dan UMKM****Cooperative and MSME Management2Di Prodi
7PDPMN255773Kepemimpinan ****Leadership2Di Prodi
8PDPMN255774Kreativitas****Creativity3Di Prodi
9PDPMN255775Kerjasama****Collaboration3Di Prodi
10PDPMN255776Desain produk****Product Design2Di Prodi
11PLPProduksi Konten Digital ****Digital Content Production3Bisdig
12PLPPsikologi Komunikasi *****Communication Psychology3Ilkom
TOTAL 33
SEMESTER GENAP
1PDPMN255640Budaya Organisasi****Organizational Culture3Di Prodi
2PDPMN255641Bisnis Digital dan Industri 4.0****Digital Business and Industry 4.03Di Prodi
3PDPMN255642Hubungan Industrial****Industrial Relations3Di Prodi
4PDPMN255643Pasar dan Lembaga keuangan****Financial Markets and Institutions 2Di Prodi
5PDPMN255644Perilaku Konsumen****Consumer Behavior3Di Prodi
6PDPMN255645Perekonomian Indonesia****Indonesian Economy2Di Prodi
7PDPMN255646Manajemen Ekspor dan Impor****Export and Import Management3Di Prodi
8PDPMN255647Manajemen Investasi****Investment management2Di Prodi
9PDPMN255648Manajemen Hubungan Pelanggan****Customer Relationship Management 3Di Prodi
10PDPMN255649Manajemen Rantai Pasok****Supply Chain Management3Di Prodi
11PLPPublik Speaking****Public Speaking3Ilkom
TOTAL 30(jd sks nya nambah 3sks jd 30 sks)
MATA KULIAH PILIHAN (****)_ MBKM
NOKODE MKMATA KULIAH KURIKULUM TAHUN 2024SKSPRASYARATPELAKSANAAN
SEMESTER GANJIL
1MBKMMB-2502147080Manajemen Perbankan****Banking Management3Di Prodi
2MBKMMB-2502147081Komunikasi Pemasaran****Marketing Communication3Di Prodi
3MBKMMB-2502147082Manajemen SDM Internasional****International Human Resource Management3Di Prodi
4MBKMMB-2502147083Manajemen Keuangan Internasional****International Financial Management3Di Prodi
5MBKMMB-2502147084Manajemen Pemasaran Internasional****International Marketing Management3Di Prodi
6MBKMMB-2502147085Manajemen koperasi dan UMKM****Cooperative and MSME Management2Di Prodi
7MBKMMB-2502147086Kepemimpinan ****Leadership3Di Prodi
8MBKMMB-2502147087Kreativitas****Creativity3Di Prodi
9MBKMMB-2502147088Kerjasama****Collaboration3Di Prodi
10MBKMMB-2502147089Desain produk****Product Design2Di Prodi
11MBKMProduksi Konten Digital ****Digital Content Production2Bisdig
12MBKMPsikologi Komunikasi *****Communication Psychology3Ilkom
TOTAL 30
SEMESTER GENAP
1MBKMMB-2502146054Budaya Organisasi****Organizational Culture3Di Prodi
2MBKMMB-2502146055Bisnis Digital dan Industri 4.0****Digital Business and Industry 4.03Di Prodi
3MBKMMB-2502146056Hubungan Industrial****Industrial Relations3Di Prodi
4MBKMMB-2502146057Pasar dan Lembaga keuangan****Financial Markets and Institutions 2Di Prodi
5MBKMMB-2502146058Perilaku Konsumen****Consumer Behavior3Di Prodi
6MBKMMB-2502146059Perekonomian Indonesia****Indonesian Economy2Di Prodi
7MBKMMB-2502146060Manajemen Ekspor dan Impor****Export and Import Management3Di Prodi
8MBKMMB-2502146061Manajemen Investasi****Investment management2Di Prodi
9MBKMMB-2502146062Manajemen Hubungan Pelanggan****Customer Relationship Management 3Di Prodi
10MBKMMB-2502146063Manajemen Rantai Pasok****Supply Chain Management3Di Prodi
11MBKMPublik Speaking****Public Speaking3Ilkom
TOTAL 30
WN: Wajib Nasional
WU: Wajib Universitas
WPU: Wajib Pilihan UNAS
WP: Wajib Prodi
WK: Wajib Konsentrasi
PDP: Pilihan Dalam Prodi
PLP: Pilihan Luar Prodi
MBKM: Wajib dilakukan di Luar Universitas
***: Mata Kuliah Kosentrasi (***)
****: Mata Kuliah Pilihan dalam prodi (****)
*****: Mata Kuliah Pilihan luar prodi (*****)

Program Studi Manajemen di Universitas Nasional menawarkan berbagai prospek Kerja yang menarik dan beragam, tergantung pada spesialisasi yang dipilih oleh mahasiswa dalam jurusan Manajemen. Jurusan Manajemen membuka peluang karir di bidang Keuangan, Pemasaran dan Sumber Daya Manusia.

Konsentrasi Pemasaran

Analis Pemasaran (Marketing Analyst): Bertanggung jawab untuk menganalisis data pemasaran guna memahami tren pasar dan perilaku konsumen, serta memberikan rekomendasi strategis bagi perusahaan. Manajer Pemasaran (Marketing Manager): Mengembangkan dan mengimplementasikan strategi pemasaran untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan produk atau layanan perusahaan. Spesialis Pemasaran Digital (Digital Marketing Specialist): Fokus pada pemasaran melalui platform digital, termasuk media sosial, email marketing, dan optimasi mesin pencari (SEO). Manajer Media Sosial (Social Media Manager): Mengelola akun media sosial perusahaan, merencanakan konten, dan berinteraksi dengan audiens untuk membangun komunitas yang kuat dan meningkatkan engagement. Konsultan Pemasaran (Marketing Consultant): Memberikan saran dan strategi pemasaran kepada berbagai klien untuk membantu mereka mencapai tujuan bisnis mereka.

Konsentrasi Sumber Daya Manusia

Spesialis SDM: Bertanggung jawab atas rekrutmen, seleksi, pelatihan, manajemen kinerja, dan pengelolaan konflik dalam organisasi. Manajer SDM: Setelah memperoleh pengalaman, lulusan dapat naik ke posisi manajerial dengan tugas perencanaan strategis, pengembangan kebijakan SDM, dan pengawasan departemen SDM. Konsultan SDM: Memberikan saran kepada organisasi lain dalam mengatasi tantangan terkait tenaga kerja dan memberikan rekomendasi untuk peningkatan SDM. Manajer Pelatihan dan Pengembangan: Mengelola program pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi karyawan. Manajer Hubungan Karyawan: Mengelola hubungan antara manajemen dan karyawan, memastikan komunikasi yang efektif, dan menangani keluhan atau perselisihan yang mungkin timbul. Manajer Kompensasi dan Benefit: Mengembangkan dan mengelola struktur gaji, tunjangan, dan insentif untuk memastikan kepuasan dan motivasi karyawan.

Konsentrasi Keuangan

Analis Keuangan (Financial Analyst): Bertanggung jawab untuk menganalisis data keuangan, membuat laporan, dan memberikan rekomendasi investasi atau keputusan keuangan lainnya. Manajer Keuangan (Financial Manager): Mengelola aktivitas keuangan perusahaan, termasuk perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan strategis terkait keuangan. Analis Kredit (Credit Analyst): Menilai kelayakan kredit calon debitur dengan menganalisis laporan keuangan dan informasi lainnya untuk menentukan risiko kredit. Manajer Investasi (Investment Manager): Mengelola portofolio investasi untuk individu atau institusi, dengan tujuan memaksimalkan return on investment. Konsultan Keuangan (Financial Consultant): Memberikan saran kepada individu atau perusahaan mengenai perencanaan keuangan, investasi, dan strategi pengelolaan aset.

Next Coloum

Waktu Perkuliahan (Kelas Reguler)

Waktu Perkuliahan (Kelas Karyawan)

Lokasi Kampus Universitas Nasional

Lokasi Laboratorium Komputer Statistik & Bisnis Digital FEB Unas

`Ingin tahu informasi lebih lanjut terkait program studi sarjana Manajemen? Ikuti sosial media kami dan temukan berbagai macam informasi dan kegiatan di program studi Manajemen.

Social Media

Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru

Portofolio Manajemen

Dokumen dan SK Manajemen

Banner Manajemen

Kegiatan Program Studi Manajemen