You are currently viewing Presiden Ukraina Anugerahkan Yuddy Chrisnandi Order of Merit Tingkat III

Presiden Ukraina Anugerahkan Yuddy Chrisnandi Order of Merit Tingkat III

Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prof. Dr. Yuddy Chrisnandi, S.E., M.E. selaku penerima penghargaan "Order of Merit" Tingkat III dari Presiden Ukraina

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky menganugerahkan Order of Merit Tingkat III kepada Prof. Dr. Yuddy Chrisnandi, S.E., M.E., atas jasa besarnya dalam memperkuat kerja sama antarnegara dan mendukung kedaulatan dan integritas wilayah Ukraina, serta atas kontribusi yang signifikan dalam mempopulerkan negara Ukraina di dunia. Penganugerahan tanda kehormatan terhadap Yuddy ini ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden Ukraina No. 595 Tahun 2022 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Negara Ukraina. Order of Merit itu sendiri merupakan bintang jasa yang diberikan pemerintah Ukraina, umumnya kepada warga negaranya, yang berhasil melakukan pencapaian luar biasa di bidang ekonomi, ilmu pengetahuan, budaya, militer atau politik. Penghargaan ini untuk pertama kalinya diberikan oleh Presiden Ukraina, Leonid Kravchuk, pada 18 Agustus 1992. Mereka yang dianugerahi Order of Merit memiliki gelar resmi Chevalier of the Order of Merit.

Yuddy yang merupakan Duta Besar Republik Indonesia Luar Biasa Berkuasa Penuh (LBBP) untuk Ukraina, Georgia, dan Armenia Periode 2017-2021, dikenal vokal dalam menyuarakan kepedulian terhadap Kyiv selama agresi militer yang dilancarkan Rusia ke Ukraina. Dalam mempopulerkan negara Ukraina di dunia, Yuddy menulis buku “Dari Kyiv Menulis Indonesia” yang diterbitkan pada tahun 2019 dan buku “Cinta Keduaku Berlabuh di Ukraina” yang diterbitkan pada Juni 2022 lalu. Kedua buku tersebut merupakan memoar perjalanan Yuddy saat menjabat sebagai Duta Besar di Kyiv yang menggambarkan kecintaannya kepada Indonesia dan Ukraina yang kemudian diekspresikan melalui upaya diplomasi di antara dua negara.

Pria yang dalam kesehariannya menjabat sebagai Dosen Tetap Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional ini sebelumnya bahkan pernah dianugerahi gelar penghargaan Diplomat of the Year pada tahun 2021 oleh Pemerintah Ukraina. Yuddy dinilai sebagai sosok yang memiliki pengaruh besar dalam kaitannya dengan hubungan antara Indonesia dan Ukraina.  Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional, Kumba Digdowiseiso, S.E., M.App.Ec., Ph.D., turut memberikan apresiasi atas penghargaan yang diraih oleh Yuddy. “Kami dari civitas akademika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional menyatakan rasa suka cita atas penghargaan yang diterima oleh Prof. Yuddy Chrisnandi. Beliau adalah aset yang valuable bagi fakultas dan negara. Tak terhitung sumbangsih yang diberikan beliau kepada negara Ukraina, sehingga tidak salah Presiden Zelensky menganugerahkan Order of Merit Tingkat III tersebut,” ujar Kumba. (M/M)

Prof. Dr. Yuddy Chrisnandi, S.E., M.E. dalam acara peluncuran buku "Cinta Keduaku Berlabuh di Ukraina" pada 21 Juni lalu
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email