Focus Group Discussion Evaluasi Kurikulum Prodi Akuntansi Bersama IAI-KAPd

Berita Galeri Kegiatan Kegiatan Dosen Pendidikan Penjaminan Mutu

Jakarta (UNAS) – Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional menggelar Focus Group Discussion (FGD)  bersama Ikatan Akuntan Indonesia-Kompartemen Akuntan Pendidik (IAI-KAPd) pada Sabtu (1/10) di Ruang Rapat Cyber UNAS. Focus group discussion mengundang Dr. Dyah Setyaningrum, S.t.,M.S.S,CPMA,CA sebagai pembicara.

Dalam FGD Evaluasi Kurikulum yang sebelumnya diadakan bersama stakeholder, Ketua Prodi Akuntansi FEB Dr. Bambang Subiyanto, S.E., M.Ak, CPA., menyampaikan akselerasi pengembangan kurikulum merupakan bagian penting dalam melaksanakan program MBKM. “Karena kurikulum yang baik harus melalui input yang baik, ini juga akan menjadi identitas prodi. Kegiatan FGD pada hari ini bertujuan untuk redesign kurikulum yang dilakukan oleh Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UNAS”, kata Bambang.

Ia juga berharap kegiatan FGD bisa menghasilkan point-point yang akan dituangkan dalam Rencana Pembelajaran Semester (RPS). “Diharapkan dapat masukkan dari asosiasi profesi dengan beberapa point seperti case based dan project based”, tambahnya.

Sementara itu, pembicara dari IAI-KAPd Dr. Dyah Setyaningrum, S.t.,M.S.S,CPMA,CA membahas mengenai konsep OBE dan Profil Lulusan Prodi. “Konsep OBE kita melakukan penyusunan kurikulum berfokus pada visi dan misi organisasi (Prodi) dituangkan dalam profil lulusan. Fokuskan pada profil lulusan, haparan untuk lulusan mahasiswa Akuntansi seperti apa”, terang Dyah.

Selain memberikan beberapa masukkan, Dyah juga mereview kurikulum, Capaian Pembelajaran (CPL) dan Rencana Pembelajaran (RPS).

Dalam kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNAS Kumba Digdowiseiso, SE., M.App. Ec., Ph., akan memformulasikan ulang kurikulum di Prodi Akuntansi. “Nanti kedepannya bisa diformulasikan ulang kurikulum saat ini, karena perkembangan Akuntansi sudah pesat. Hal ini juga akan diterapkan akuntansi case based dan project based berdasarkan evaluasi”, tutup Kumba.

Hasil dari FGD yang dilakukan oleh Program Studi Akutansi diharapkan bisa meningkatkan kualitas pembelajaran di kampus mau pun di luar kampus, dan yang terpenting progam studi yang lain yang ada di Universitas Nasional juga bisa melakukan hal sama seperti yang dibuat oleh Prodi Akutansi.

Turut hadir sebagai moderator Badan Pengembangan Kurikulum (BPK) Universitas Nasional (Unas) Dr. Heni Jusuf, S.Kom., M.Kom.

Sebelumnya FDG Prodi Akuntansi yang bertemakan INOVATIF, ADAPTIF DAN KOLABORATIF DENGAN STAKEHOLDERS telah dilaksanakan pada Sabtu (24/9). (*TIN)

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email